fruits and health

Khasiat Buah Kurma

thumbnailCA8ZLC2V thumbnailCA7KOJZ5 thumbnailCAJVZXCU

Sesungguhnya apa yang diciptakan oleh Allah SWT mempunyai hikmah yang amat besar sama ada yang hidup melata di atas muka bumi, yang terbang di udara, yang hidup di air, manusia, tumbuhan dan sebagainya. Semua itu menggambarkan kebesaran dan kekuasaan Allah.

Firman Allah: dalam surah Al-Mukminun ayat 51

Maksudnya: “Wahai rasul-rasul, makanlah daripada makanan yang baik-baik lagi halal, dan kerjakanlah amal yang soleh. Sesungguhnya Aku maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Firman Allah: dalam surah Al-Baqarah ayat 172

Maksudnya: “Wahai orang yang beriman, makanlah dari benda-benda yang baik (yang halal) yang telah kami berikan kepada kamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika betul kamu hanya beribadah kepadanya.

Firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 168

Maksudnya: “Wahai sekalian manusia makanlah dari apa yang ada di bumi, yang halal lagi baik, dan janganlah kamu ikut jejak langkah syaitan, kerana sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang terang nyata bagi kamu.

Kesemua ayat-ayat di atas menerangkan perintah Allah Taala ,agar manusia memakan makanan yang baik lagi halal agar mereka mendapat kebaikan dan kesihatan.

Dalam kertas kerja ini akan dibentangkan mengenai nilai tumbuhan sebagai sumber makanan dan ubatan berpandukan kepada kajian sains pemakanan dan kesihatan.

KURMA (Phoenix dactylifera L.)

Kurma sejenis buah yang kaya dengan zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C dan juga niasin.Ia lazimnya dimakan semasa bulan Ramadhan dan mempunyai khasiat serta nilai yang tinggi dalam dunia perubatan tradisional.

Kurma yang dikenali sebagai Phoenix dactylifera L. dari segi saintifik amat berkesan bagi mengubati gangguan usus yang kronik, dimana ketidakserasian dengan gluten, menghalang penyerapan zat-zat makanan secara sempurna.

Kurma mengandungi sejenis bahan protein serta garam galian yang menghentikan tindak balas luar biasa yang dicetuskan oleh gluten dalam usus kecil. Tindakbalas itu jika dibiarkan boleh membawa kepada pengeluaran sel darah putih secara berlebihan.

Selain daripada gangguan usus, jus kurma berkesan untuk mengatasi masalah sembelit. Bagaimanapun minuman ini tidak sesuai di amalkan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetis, kerana ia boleh mendatangkan kesan yang lebih serius.

Jus kurma juga merupakan penawar mujarab dalam perubatan tradisional untuk mengatasi masalah insomnia. Bagi mereka yang mengalami masalah batuk jus kurma sesuai untuk diamalkan kerana kandungan gula dalam buah kurma bertindak menghilangkan gatal-gatal dalam kerongkong sekaligus menghentikan batuk.

Kurma dikatakan tumbuhan yang mempunyai pelbagai khasiat dan kegunaan yang banyak kerana telah terbukti, di dalam Al-Quran terdapat 21 ayat yang menyebut tentang kurma.

Mengikut pendapat pakar perubatan, buah kurma kaya dengan unsur zat besi dan kalsium sesuai untuk wanita sama ada semasa hamil dan selepas bersalin. Hal ini berasaskan kepada wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada ibu Isa iaitu Maryam binti Imran supaya memakan buah kurma ketika beliau dalam keadaan lemah selepas bersalin.

Firman Allah:

Maksud: “Dan gegarlah kearahmu batang pohon tamar itu, supaya gugur kepadamu buah tamar yang masak. “Maka makanlah dan minumlah serta bertenanglah hati dari segala yang merungsingkan.

Rasulullah juga pernah bersabda mengenai hal ini ,sabdanya:” Beri makan buah tamar kepada isteri-isteri kamu yang hamil dan barang siapa yang memakan buah tamar tersebut semasa hamilnya, maka anak yang akan lahir itu akan menjadi seorang anak yang penyabar dan bersopan- santun, kerana makanan Siti Maryam ketika melahirkan Nabi Isa AS adalah buah tamar.

Sekiranya Allah ada menjadikan sesuatu buah yang lebih baik daripada tamar sudah tentu Allah telah memberikan (kepada Siti Maryam)”

Berdasarkan pada ayat-ayat Al-Quran dan hadith Rasul, para saintis giat mengkaji mengenai khasiat kurma. Mengikut kajian Dr.Mahmud Nazim Al-Nasimy dalam buku Tempoh mengandung dari segi perubatan, fiqhiyah dan perundangan, hasil kajiannya menunjukkan jus kurma dapat menolong mencengkam rahim sewaktu proses kelahiran, memperkukuhkan lagi urat-urat rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan dan membantu memudahkan proses kelahiran bayi. Jus kurma juga dapat mengurangkan tumpah darah, menguatkan organ rahim serta berkesan meredakan tekanan darah tinggi.

Kajian Profesor Madya Aisyah Mohd Zain Pensyarah Fakulti Sains dan Bioteknologi Universiti Putra Malaysia,menunjukkan bahawa jus kurma membantu mencegah daripada sembelit, lemah otot, sengal-sengal badan, lesu dan barah usus besar, merangsangkan selera makan, menguatkan ingatan dan melawaskan. Disamping menambahkan tenaga seksual,kurma juga boleh digunakan sebagai pencuci mulut.

Mengikut hasil kajian Ahli Sains Mesir telah terbukti khasiat kurma dalam membantu memanaskan badan, mencergaskan otak dan tubuh badan serta mencergaskan minda dan membantu tumbesaran kanak-kanak. Ia juga membantu melicinkan perjalanan darah dan menghindari dari penyakit barah, merawat buah pinggang dan mencuci hati, dan membantu mengurangkan pengaliran darah semasa kelahiran.

Tidak sahaja buah kurma, umbut dari pokok kurma juga boleh dijadikan makanan dan ia juga mempunyai khasiat yang tersendiri.

Pengeluar kurma dunia ialah Arab Saudi, Iraq, Iran, Mesir, Tunisia dan Algeria

Kandungan Kurma Kering

Gula : Lebih 50%

Protein : Lebih 2%

Lemak : Lebih 2%

Sumber Mineral : Lebih 2%
Sumber: Encyclopaedia Britannica CD99. (pkukmweb.ukm.my)

Menu Pepaya, untuk Kualitas Sperma & Cegah Kanker thumbnailCAP71IDP

Pepaya masak dapat digunakan untuk penyembuhan disentri, rematik, dan yang bermasalah dengan produksi lender.

Pepaya kaya akan vitamin C dan merupakan sumber antioksidan yang baik.

Kandungan serat di dalamnya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.

Pohon pepaya aslinya berasal dari Meksiko Selatan. Tingginya dapat mencapai ± 10 meter, dan buahnya dapat dinikmati kapan saja. Tanaman pepaya kini telah meluas, khususnya di negara tropis.

Dalam pengobatan tradisional Cina, pepaya dikenal dapat mengatasi gangguan pencernaan. Buah yang tak mengenal musim ini dapat menghilangkan cacing usus. Pepaya masak dapat digunakan untuk penyembuhan disentri, rematik, dan yang bermasalah dengan produksi lendir.

Yayasan Kanker Internasional pada tahun 1997 melaporkan tentang manfaat vitamin C dan karoten, yang banyak terdapat dalam pepaya, untuk membantu mencegah kanker. Muncul anjuran diet makanan yang mengandung vitamin C dan karotenoid untuk mencegah kanker paru-paru. Cara ini juga kemungkinan dapat melawan kanker kolon, pankreas, kandung kemih, dan payudara, serta mengurangi radikal bebas yang merupakan pencetus kanker.

Rokok merupakan ikatan oksidan yang dapat dilawan dengan antioksidan. Untuk perokok sebaiknya tingkatkan konsumsi vitamin C untuk menyamai kadar vitamin C bagi yang bukan perokok.     thumbnailCA54AC5T

Vitamin C sangat esensial untuk pembentukan sperma. Kekurangan vitamin C pada pria dapat menghambat dalam memperoleh keturunan. Perbaikan untuk hal ini memerlukan waktu satu bulan dengan meningkatkan konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram. Kualitas dan kuantitas sperma serta aktivitasnya dapat ditingkatkan dengan menambah konsumsi vitamin C.

Vitamin C juga dapat mengurangi risiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Para peneliti percaya bahwa vitamin C juga dapat menghambat penuaan dengan memperbarui sel darah putih.

Pepaya sangat tepat diberikan kepada kaum lanjut usia karena mudah dinikmati dan dicerna. Perlu diperhatikan agar jangan mencampur pepaya untuk masakan jeli dan agar-agar telur karena enzim papain yang ada dalam pepaya akan merusak protein dan agar-agar telur.

Jus pepaya                                   thumbnailCALZ8SEH

Untuk 2 gelas

Bahan:

200 gram pepaya

50 ml air jeruk manis

2 sdm gula pasir

1 klg (330 ml) soft drink dingin

Cara membuat:

1. Blender pepaya bersama air jeruk dan gula sampai halus.

2. Tuang ke dalam gelas, tuangkan soft drink saat akan disajikan.

3. Hidangkan dalam keadaan dingin (kompas


Banyak Makan Avokad,Kalau Mau Awet Muda thumbnailCAZ6HHC9

Avokad memang banyak mengandung lemak. Tapi jangan salah, lo, lemak avokad tergolong “lemak baik”, mampu meredakan tekanan darah tinggi dan kelebihan kolesterol darah. Jika Anda pengidap diabetes, avokad bisa jadi pilihan yang menyehatkan. Tentu saja, buah sehat ini harus disajikan sebagai santapan yang sehat pula.
DIBANDINGKAN dengan buah-buahan jenis lain yang mana pun, tak terkecuali durian, avokad paling banyak mengandung lemak! Durian yang kita sangka sangat berlemak, ternyata hanya mengandung lemak 3 persen. Sementara lemak dalam avokad lebih dua kali lipatnya, yakni 6,5 persen

Jadi, bagaimana duduknya perkara sampai buah sarat lemak seperti avokad ini bisa disebut makanan sehat? (Padahal, ayam goreng dan kentang goreng ala restoran fast food yang sama-sama kaya lemak, kita sumpah-sumpahi sebagai makanan rongsokan alias junk food) Nah, inilah kisah sehat si avokad.

REDAKAN HIPERTENSI & CEGAH STROKE      thumbnailCAASQD6K

Sebagian besar lemak avokad merupakan lemak tak jenuh tunggal oleat, yang lazim disebut omega-9. Lemak jenis ini mampu menurunkan kelebihan “kolesterol jahat” LDL secara efektif, terutama jika kita juga membatasi konsumsi lemak jenuh. Hasilnya akan nyata kalau makan avokad dibarengi dengan mengurangi makanan gorengan dan bersantan, serta daging berlemak, dan kuah mengandung lemak gajih.

Efektivitas avokad menurunkan kadar “kolesterol jahat” juga dipacu kandungan seratnya yang tinggi. Serat larut dalam avokad akan menyerap kelebihan “kolesterol jahat” dan membuangnya bersama sampah makanan.
Sebuah avokad ukuran sedang mengandung serat 10 gram. Menyantapnya sebuah saja sudah memenuhi 40% kecukupan asupan serat sehari.

Avokad kaya mineral kalium. Separuh avokad ukuran sedang mengandung 548 mg kalium, 15 persen lebih tinggi dari kandungan kalium dalam sebuah pisang. Kalium dapat meredakan tekanan darah tinggi, mengontrol debar jantung, dan menjaga kesehatan sistem saraf. Karena itu, avokad merupakan makanan diet yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Kombinasi “lemak baik”, serat, dan kalium membuat avokad mampu mencegah serangan penyakit akibat hipertensi dan kelebihan kolesterol, khususnya stroke dan penyakit jantung. Penderita diabetes pun dapat memetik manfaat tersebut untuk memangkas risiko sama, yang sering merupakan komplikasi.

Bagi penderita diabetes, menambah nasi berisiko menggenjot kadar gula darah. Selain itu, ternyata juga dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang berujung pada serangan jantung. Makanya, pengidap diabetes diwajibkan membatasi konsumsi karbohidrat. Nah, guna menggantikan berkurangnya asupan kalori akibat pembatasan konsumsi karbohidrat, avokad bisa jadi pilihan.

Selain tidak mengakibatkan lonjakan kadar gula darah, makan avokad menyediakan cukup kalori. Kelebihan lain, avokad banyak mengandung serat dan senyawa antilipidemik, yang berkhasiat menurunkan kadar lemak darah, baik “kolesterol jahat” maupun trigliserida.

Gara-gara kaya lemak, avokad sering dituduh sebagai penyebab kegemukan. Padahal itu tidak benar. Kalau pola makan kita sudah sarat kalori, makan avokad atau makanan apa pun tentu mudah menambah berat badan. Jika pola makan kita baik, makan avokad tidak perlu jadi masalah. Apalagi avokad mengandung lemak yang menyehatkan.

Biarpun kaya lemak, kalori avokad tidak berarti lebih tinggi dibanding buah yang lain. Contohnya nangka.
Biarpun lemaknya cuma 1/20 dari lemak avokad, toh, kalorinya jauh lebih tinggi. Soalnya, nangka banyak mengandung karbohidrat, baik karbohidrat kompleks (pati) maupun karbohidrat sederhana (gula) pemberi rasa manis. Kalori avokad 85 per 100 gram, sedangkan nangka 106.

ANTIKERIPUT & BIKIN AWET MUDA

Kendati tidak banyak, avokad cukup mengandung vitamin A dan klorofil. Di dalam lemaknya tersimpan banyak vitamin E. Kombinasi vitamin A, klorofil, dan vitamin E sebagai antioksidan terbukti menjaga kulit penduduk Meksiko tampak kenyal dan segar meski telah berumur. Jarang pula yang terserang kanker. Mereka amat gemar makan saus avokad (guacamole), seperti kebiasaan kita makan sambal di sini.

Kandungan kaliumnya yang tinggi menjadikan avokad buah pembentuk basa. Dalam teori Food Combining, makanan pembentuk basa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tidak mudah rusak. Dampak paling nyata dari sel yang terjaga adalah wajah tampak awet muda. Nah, rugi, kan, kalau kita tetap menjauhi avokad?

Mata sering berkunang-kunang dan kepala pening? Periksakan ke dokter. Jika benar kita menderita kurang darah (Hb rendah), jangan ragu makan avokad. Di dalam avokad terdapat zat besi dan zat tembaga, yang berperan penting dalam pembentukan darah segar dan mencegah anemia akibat kurang gizi besi. Magnesium dan kalsiumnya membantu menjaga kesehatan tulang.

Avokad baik bagi ibu hamil. Kandungan asam folatnya amat dibutuhkan janin, agar otak dan tulang belakangnya dapat tumbuh sehat sempurna. Satu buah sedang avokad mengandung 114 mkg asam folat, sudah memenuhi 30 persen kecukupan asam folat harian yang dianjurkan.

Selain asam folat, kandungan vitamin B-kompleks lain yang tersimpan dalam avokad adalah vitamin B6. Penting untuk mengontrol fungsi sistem saraf. Rendahnya konsentrasi vitamin B6 dalam darah mudah menimbulkan mual-mual pada trimester pertama kehamilan. Nah, makan avokad pada pra-kehamilan dan selama hamil dapat mencegah mual karena ngidam.

Belakangan sejumlah ilmuwan menemukan fakta baru. Avokad sarat glutation, senyawa fitokimiawi alami non-gizi yang berkhasiat. Glutation merupakan antioksidan kuat pengusir beragam kanker, khususnya kanker mulut dan tenggorokan, serta mencegah serangan jantung. Dibandingkan dengan pisang, apel, blewah, maupun anggur, kandungan glutation dalam avokad 3 kali lipatnya.

Beta-sitoterol adalah senyawa fitokimiawi lain yang ditemukan dalam alpukat. Lemak nabati merupakan bagian “lemak baik”, khasiatnya menurunkan seluruh jenis lemak darah yang dapat memicu penyakit akibat gangguan pembuluh, khususnya stroke dan serangan jantung. Beta-sitosterol akan menormalkan kadar “kolesterol jahat”, trigliserida, maupun total lemak darah. Jumlahnya mencapai 4 kali lipat dibanding yang terdapat dalam pisang, apel, anggur, maupun blewah.

AVOKAD MENTEGA & IJO    thumbnailCAOCBE3W thumbnailCAGWO6UO thumbnailCAD53S1S

Begitu banyak jenis avokad. Dari tampak luarnya, avokad bukan hanya berbeda bentuk dan ukurannya, tapi juga warna, tekstur, dan kelenturan kulitnya. Beragam pula warna daging buah berikut tekstur dan cita rasanya. Namun secara umum avokad dikelompokkan ke dalam 3 jenis.

Avokad berukuran kecil (85 – 350 g), kulitnya tipis dan mengkilap, termasuk kelompok avokad Meksiko. Yang berukuran besar-besar (350 – 560 g) dengan kulit tebal dan kasar, kadang bahkan sedikit ber bintil-bintil, itu pasti anggota kelompok avokad Guatemala. Satu lagi, kelompok avokad India Barat, besarnya sedang dan berkulit halus lentur.

Di sini kita mengenal beberapa jenis avokad yang dikenal enak, contohnya avokad mentega. Daging buahnya tebal tak berserat, teksturnya pulen, rasanya enak manis gurih. Daging buahnya berwarna kuning mentega. Agar tak salah, perhatikan bentuk dan kulitnya. Avokad mentega bentuknya bulat lonjong, kulitnya agak licin berwarna cokelat keunguan dan mudah dikupas.

Avokad ijo panjang di Jakarta dinamai avokad pasarminggu. Sebutannya di Jawa Tengah avokad tawangmangu, di Jawa Timur avokad batu. Bentuknya menyerupai buah pir, kadang ada yang berleher panjang. Ukurannya besar (300 – 500 gram). Kulitnya tebal, licin, berwarna hijau tua kemerahan. Daging buahnya kuning, tebal, agak lunak. Rasanya gurih.

Ada lagi avokad ijo bunder. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada ijo panjang, rata-rata 300 – 400 gram. Biarpun namanya bunder (bulat), avokad ini bentuknya tidak seperti bola, tapi bulat lonjong. Kulitnya tebal, meski tidak setebal ijo panjang, berwarna hijau tua. Daging buahnya tebal berwarna kuning kehijauan, teksturnya kesat. Rasanya gurih.

Sekalipun jarang, di pasar swalayan kita kadang menemukan avokad berbentuk bulat tak beraturan berleher pendek. Kulitnya berwarna hijau tua. Ukurannya sedang cenderung kecil, rata-rata 250 gram. Setelah dikupas, daging buahnya tampak tebal, dengan biji kecil di tengah. Teksturnya daging buahnya lunak, rasanya gurih enak. Inilah yang disebut avokad fuerte.

SAJIAN AVOKAD YANG SEHAT
Sungguh sayang jika kita hanya mengenal avokad sebatas sebagai buah untuk campuran es teler. Avokad kupas nikmat juga dinikmati begitu saja, tanpa tambahan apa pun. Jika ingin menikmatinya sebagai jus dengan rasa manis lebih dianjurkan mencampurnya dengan buah-buahan manis atau madu alam murni, agar lebih sehat. Tambahan sirup gula dapat menutupi khasiat zat alaminya, bahkan menaikkan kalorinya.

Kita bisa membuat beragam sajian dari avokad. Yang paling populer, adalah saus khas Meksiko Guacamole. Aslinya terasa gurih, kadang sedikit pedas dengan aroma bawang putih yang tajam menyengat. Pada dasarnya, saus avokad hanya dibuat dari daging buah avokad dan bawang putih, dibumbui merica bubuk, cabai bubuk, garam, dan bumbu aroma seperti jintan.

Kita bisa memanfaatkan guacamole sebagai pelengkap sajian lalap sayuran mentah yang renyah, seperti mentimun, wortel, kol, terong gelatik. Di Meksiko, guacamole lazim disajikan sebagai sambal colek saat menyantap keripik jagung (tortilla). Di sini, kita bisa menirunya untuk makan keripik (keripik tempe, keripik singkong, keripik apa pun), kerupuk, atau bahkan tempe goreng.

Guacamole merupakan olesan yang sehat untuk sandwich, hamburger, maupun hotdog. Sebagai bahan dasar saus salad, guacamole tinggal ditambah minyak zaitun atau minyak salad lain serta bumbu pelengkap agar cita rasanya lebih mantap. Selain dijadikan saus salad, avokad yang telah dipotong dadu nikmat juga jika dicampurkan ke dalam campuran buah untuk salad. (sedap-sekejap.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: